Sabtu, 22 April 2017

Hua Xi - Desa Terkaya di dunia

http://tentang-orangkaya.blogspot.com/2017/04/hua-xi-desa-terkaya-di-dunia.html
Hua Xi Village Photo Source : wisatapriangan.co.id

Hua Xi Desa Terkaya di dunia

Tinggal di desa, jika kita mendengar frasa ini maka yang ada di benak kita adalah sebuah daerah yang sepi, sederhana, lahan pertanian, peternakan dan jauh dari kemewahan. Orang kaya ada di kota, dan orang sederhana ada di desa merupakan anggapan sementara yang umum diterima orang selama ini. Tapi bagaimana jika ada sebuah desa yang setiap penduduknya memiliki kekayaan sebesar lebih kurang Rp 3,2 Milyar?



Ternyata desa yang seperti itu benar-benar ada. Desa tersebut bernama Hua Xi yang terletak di sebelah Timur kota Jiangyin, Propinsi Jingsu, China.

Hua Xi berdiri sejak tahun 1960 dan didirikan oleh Wu Renbao. Wu Renbao adalah orang yang berhasil mengantar desa ini menjadi seperti sekarang, sebuah desa terkaya di dunia.

Prinsip yang digunakan oleh Wu Renbao terikhtisar dalam kata-kata berikut ini :
Kebahagiaan dinikmati warga desa, Kesulitan dipikul pejabat
Di tahun 1961 Hua Xi hanyalah sebuah desa kecil dengan 380 keluarga dan jumlah total penduduk sekitar 1520 orang, dan situasi mereka saat itu adalah sangat terbelakang. Tetapi desa ini terus berjuang, dan tentunya tidak mudah, dan bangkit menjadi sebuah desa yang sangat maju dengan penduduk lebih dari 30.000 orang  dengan luas area lebih dari 30km persegi.

Perkembangan luas dan jumlah penduduk desa Hua Xi adalah hasil penggabungan 16 desa di sekitarnya, dan saat ini setiap keluarga bisa memiliki rumah berbentuk vila dengan luas 400-600m persegi dan juga mobil, bahkan ada yang sampai memiliki 3 buah mobil.

Pada tahun 2005 Desa Hua Xi berhasil menjual produk mereka senilai lebih dari 30 milyar Yuan, dan kemudian mereka membangun danau, taman-taman internasional, taman petani, dan juga membangun 80 proyek wisata dengan pemadangan yang indah. Keberhasilan Hua Xi kini menjadi daya tarik orang-orang dari seluruh dunia untuk menyaksikannya, dan sampai saat ini Hua Xi telah menerima tamu dari 120 negara di dunia.

Photo source : dailymail..co.uk
Produksi baja dari desa ini setahunnya bisa mencapai 2,2 juta ton, sedangkan produk lain seperti pipa untuk berbagai jenis sepeda, sepeda motor, dan perabot rumah tangga mencapai sekitar 300.000 ton per tahun. Hua Xi sudah mengekspor produk mereka hingga ke USA, Canada, Eropa, Australia dan beberapa negara Asia Tenggara.

Dan Hua Xi, meskipun berstatus sebagai desa ternyata sudah memiliki gedung pencakar langit yang dibangun dengan iuran warga desa. Gedung ini memiliki tinggi mencapai 328 meter, 74 lantai apartemen, 800 kamar hotel, restoran dan kolam renang. Bentuknya dibuat meneyerupai sebuah piala. Nama gedung ini adalah Hanging Vilage of Hua Xi.

Hanging Village of Hua Xi. Sumber : tribunnews.com
Keberhasilan pembangunan di Hua Xi adalah hasil kerja keras seluruh penduduk yang ditunjang oleh sistem kepemimpinan yang sangat baik oleh Wu Renbao. Saat ini Wu Renbao sudah mengundurkan diri dan digantikan oleh putra ke-4nya. Penunjukan putra Wu Renbao ini merupakan indikasi bahwa Hua Xi masih melihat bahwa keberhasilan dan kemakmuran ditentukan oleh seorang pemimpin dan bukan oleh sebuah sistem. Di masa mendatang mungkin pandangan ini akan berubah dan lebih mengacu pada sistem daripada melihat orang secara pribadi.

Keberhasilan pembangunan Hua Xi cukup menarik untuk dipelajari dan bisa menjadi inspirasi bagi pembangunan desa di Indonesia, tentunya dengan penyesuaian berdasarkan kondisi yang ada di setiap desa. (Dari berbagai sumber).



0 komentar:

Posting Komentar